Membuat Game Flappy Bird menggunakan Unity3D Part 2


Pada tutorial "Membuat Game Flappy Bird menggunakan Unity3D Part 1" membahas tentang persiapan awal dan persiapan asset game. Nah, untuk tutorial part 2 kali ini, saya akan membahas lebih lanjut bagaimana membuat game semacam Flappy Bird.

Jika teman-teman pernah mencoba bermain game flappy bird maka akan tau bagaimana akur dari game tersebut.
Langsung saja deh biar gak ribet...wkwkwkw.

Alur :
1. Menu tap-tap jika di klik akan memulai permainan.
2. Jika screen di klik maka player akan terbang / melompat ke atas disertai gaya gravitasi
3. Player tidak bisa terbang / melompat melebihi tinggi screen.
4. Jika Player menyentuh tanah, maka permainan berakhir.
5. Akan ada rintangan secara acak
6. Jika player dapat melewati rintangan, maka point bertambah 1.
7. Jika player menyentuh rintangan maka permainan berakhir.
8. Keluar suara jika player menabrak, mendapatkan point, dsb.
9. Animasi player ketika terbang.

Nah, point-point alur diatas lah yang akan kita kerjakan.
Di unity sendiri sudah memiliki komponen-komponen yang diperlukan untuk membuat game, dari point-point diatas kita akan menggunakan komponen :

1. Circle Collider 2D


2. Rigidbody 2D


3. Box Collider 2D


4. Audio Source


5. Animator


MASIH LAMA?

Sabar, semuanya butuh waktu. :D . 
Okey, untuk langkah selanjutnya adalah menyiapkan object Player dan beberapa komponen serta scripting nya. 

Yuk langsung aja di mulai, klik 2x folder Sprite kemudian expand file Sprite Pack.

Tampilan Sprite Pack di Expand.


Scroll ke bawah dan pilih 3 sprite player dengan cara Shift + Mouse untuk melakukan pemilihan sprite lebih dari 1 object, kemudian Drag ke arah Hierarcy.


Ketika kalian melakukan drag sprite yang lebih dari satu ke hierarcy secara bersamaan, maka unity otomatis akan mendefinisikan sebagai animation sprite dan otomatis akan muncul jendela penyimpanan Animasi, maka buatlah folder Animation pada root folder Assets kemudian simpan file .anim dengan nama Player.anim kemudian klik Save :



Setelah tersimpan, maka lihat pada Hierarcy, disitu akan bertambah object Player. Dalam kasus ini nama obejct tersebut adalah "Sprite_Pack_74", jika nama objek teman-teman pada hierarcy berbeda dengan saya, maka tidak akan menjadi masalah. Okey,,untuk lebih enaknya kita samakan nama objek playernya dengan nama "Player" dengan cara klik objek game "Sprite_Pack_xx"pada hierarcy kemudian tekan tombol key F2 untuk merubah nama.

  

Coba teman-teman play.. Upss..gak kilatan ya sprite nya ? okey..cara mngatasinya adalah dengan cara merubah ukuran layar Main Camera dengan cara :

1. Klik objek Main Camera
2. Pada tab Inspector akan muncul beberapa settingan atau proprti dari Main Camera
3. Rubah properti Size dari angka 5 menjadi 1.16.

    

Coba sekali lagi temen-temen klik play, jika berhasil..maka burung akan bergrak mengepakkan sayapnya.

Selanjutnya adalah tahap memberi komponen di objek Player dengan cara klik objek Player pada Hierarcy, pada jendela tab Inspector yang mana pada bagian bawah terdapat tombol "Add Component". Pertama kita masukan komponen gravitasi yaitu dengan cara Add Component > Physics 2D > Rigidbody 2D.

            

Karena game ini 2D maka pada Rigidbody 2D  Contraints Freeze Rotation Z yang telah di sematkan ke objek Player kita centang. Ini berfungsi agar objek tidak berputar pada sumbu Z.


Masih dengan cara yang sama, kita tambahkan komponent Circle Collider 2D dengan cara Add Component > Physics 2D > Circle Collider 2D.



Selanjutnya kita kasih lagi komponen Audio Source, ini berfungsi sebagai sumber suara pada game.
Caranya masih sama yaitu Add Component > Audio > Audio Source.




Jika langkah-langkah diatas diikuti dengan benar, maka ketika objek Player pada Hierarcy kita pilih, pada Inspector akan terlihat bahwa objek Player akan memiliki properti Transform, Sprite Renderer, Animator, Rigidbody 2D, Circle Collider 2D, Audio Source nampak seperti berikut :


Okey, tutorial part 2 mungkin sampai sini dulu, hehehe. saya mau sholat jumat dulu... 
Selanjutnya akan kita sematkan script pada objek player tentunya pada tutorial Part 3

"Membuat Game Flappy Bird menggunakan Unity3D Part 1"
"Membuat Game Flappy Bird menggunakan Unity3D Part 2"
"Membuat Game Flappy Bird menggunakan Unity3D Part 3"
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar